Sunday, March 23, 2014

Tips Meningkatkan Daya Ingat

Tips meningkatkan daya ingat - Memiliki daya ingat yang kuat adalah keinganan semua orang. Daya ingat yang tajam akan sangat membantu kita dalam mengerjakan aktivitas , apalagi dalam suasana belajar mengajar. Mungkin anda pernah melihat seorang anak kecil yang sangat cerdas dan dapat mengingat segala sesuatu dengan mudah dan cepat. Selain oleh karena faktor nutrisi dan gizi yang baik yang dikonsumsinya dari kecil, faktor latihan adalah faktor yang amat mendukung seseorang dapat memiliki daya ingat yang baik. Beberapa cara dibawah ini mungkin dapat meningkatkan memori ingatan anda, so buat kamu yang memiliki daya ingat sedikit rendah dapat mencoba tips bermanfaat ini sobat !

1. Menyaring informasi
Terkadang siswa tidak mengerti bagaimana mengelola informasi yang masuk ke dalam memori mereka. Banyak informasi yang tak jelas atau membingungkan tertanam dalam ingatan. Untuk mengingat informasi baru yang disajikan kepada Anda, rangkumlah kembali seluruh informasi dengan menggunakan kata-kata Anda sendiri. Jika Anda tidak dapat melakukan ini, maka merupakan pertanda baik bahwa Anda tidak memahami sama sekali materi yang diberikan. Anda dapat mencoba untuk mempelajarinya kembali.

2. Mengatur informasi
Untuk lebih mempertahankan informasi dalam memori, cara yang dapat dilakukan adalah mengorganisir ingatan ke dalam beberapa kategori. Cara ini akan memudahkan Anda untuk mengingat sesuatu. Misalnya, jika Anda mencoba mengingat kosa kata bahasa asing, kategorikanlah sesuai jenis atau memiliki arti yang serupa. Informasi lebih mudah dicerna jika diterima secara teratur daripada informasi yang acak.

3. Gunakan gambar
Visualisasi adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengingat informasi dibandingkan melalui proses baca atau diucapkan. Untuk melakukan ini, ingatlah sebuah visual atau gambar dalam pikiran Anda secara abstrak. Informasi yang diterima secara visualisasi akan membekas dalam pikiran Anda, sehingga meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengingatnya.

4. Aktif belajar
Untuk mengingat konsep, Anda harus berlatih dengan belajar aktif. Jika Anda pasif dalam kebiasaan belajar Anda, maka akan sangat sulit untuk mengingat apa yang Anda baca. Salah satu cara untuk mempertahankan memori Anda terhadap suatu informasi adalah dengan mengajarkan pelajaran yang Anda pahami kepada teman-teman Anda. Cara lain bisa dengan melakukan kegiatan kelompok belajar. Dengan menerapkan strategi belajar aktif, Anda akan mampu meningkatkan kemampuan memori Anda.

5. Sering meninjau ulang informasi
Banyak sekali siswa yang belajar dengan 'sistem kebut semalam.' Menjejalkan segala informasi untuk diingat dalam satu waktu merupakan kebiasaan yang tidak baik. Kunci untuk retensi memori dengan cara sering meninjau ulang catatan dan bahan studi mingguan. Melalui review yang berulang-ulang, Anda akan mulai menyimpan informasi efektif yang telah dipelajari.

6. Gunakan akronim untuk mengingat
Banyak siswa lebih mudah menghapal pelajaran dengan menggunakan singkatan ketika menghapal fakta. Setiap huruf mewakili sebuah kata dalam kalimat terpisah. Misalnya, FBI singkatan dari Biro Investigasi Federal. Akronim tidak perlu menjadi kata-kata nyata.

Adapun makanan yang dapat anda konsumsi untuk meningkatkan daya ingat adalah :
  1. Ikan
  2. Gandum
  3. Madu
  4. Brokoli
  5. Kacang Kacangan
  6. Tomat
  7. Strawberry

7. Jangan pernah berhenti belajar
Carilah topik yang menarik minat anda dan mulailah terlibat didalamnya dengan mempelajari informasi-informasi baru dan perkembangan tentang topik tersebut. Jika memungkinkan, anda dapat bergabung dengan kelompok yang memiliki minat yang sama dengan anda untuk berdiskusi dengan orang-orang dalam kelompok tersebut.
Membaca, mengikuti kuliah, program, informasi di televisi dan internet, merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak anda yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat anda.

8. Menjalin hubungan sosial dan keluarga anda
Manusia pada dasarnya memiliki keramahan yang melekat. Semakin sosial anda, semakin baik untuk otak anda. Mengisolasi diri akan merusak banyak sistem tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak dan jantung memiliki banyak keuntungan hubungan keluargadan sosial yang baik.
Sehubungan dengan konteks ini, anda bisa menjadi relawan untuk memberikan bantuan dimana masyarakat membutuhkan anda, atau bahkan berpartisipasi dalam kelompok terorganisir, yang sesuai dengan kepentingan anda sendiri. Jika anda memiliki hewan peliharaan misalnya, anda dapat bersosialisasi dengan orang lain yang juga memiliki hewan peliharaan dan mendiskusikan dengan mereka masalah yang relevan serta mengembangkan hubungan yang lebih erat.

9. Mengembangkan kebiasaan baru
Setiap kali anda mengharuskan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang baru, anda berarti memicu kekuatan baru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pertimbangkan untuk merubah layout mebel anda, mengoleskan mentega pada roti dengan cara yang berbeda atau dengan mata tertutup, mengenakan celana dengan satu tangan, atau belajar menggunakan mouse dengan tangan yang lain. Anda dapat memikirkan beberapa ide lain untuk melatih otak dan membantu meningkatkan daya ingat anda.

10. Latih pikiran anda dengan permainan-permainan.
Semakin anda menggunakan keistimewaan otak, semakin anda membantu daya ingat anda tetap bugar. Ada banyak permainan yang membangkitkan kemampuan intelektual anda, sekaligus juga berkontribusi untuk hubungan sosial yang lebih baik. Backgammon, catur, teka-teki dan banyak permainan papan lainnya, menawarkan hiburan dan juga membantu anda meningkatkan daya ingat.

11. Olahraga dapat meningkatkan daya ingat anda
Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Tidak perlu menjadi seorang pelari maraton dalam rangka memperoleh manfaat dari berolahraga. Manfaat olahraga berpengaruh positif pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang.
Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun.

12. Makanan yang akan membantu meningkatkan daya ingat anda
Apa yang kita makan setiap hari, mempengaruhi kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. Survei dalam beberapa dekade terakhir, telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat.
Ciri-ciri umum dari makanan ini adalah mereka kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf.
Ingatlah bahwa untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup dalam tubuh anda, lebih baik untuk makan lebih banyak buah dan sayuran daripada menelan vitamin formulasi. Alasannya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin anda juga menyerap nutrisi yang berguna lainnya yang bertindak untuk melengkapi dan mendukung kerja vitamin.

13. Lakukan Percakapan
Saran dari Espilen Blog, Usahakan agar Anda sering berinteraksi atau melakukan percakapan dengan orang lain, misalnya mengobrol atau terlibat perbincangan serius. Menurut penelitian, saat kita mengisolasi diri dari orang-orang sekitar, kita akan mengalami penurunan mental di kemudian hari. Dan itu memang sudah penulis rasakan. Manusia sudah dilengkapi dengan berbagai keterampilan komunikasi yang perlu digunakan. Semakin luas kontak sosial seseorang, kemampuan kognitifnya makin tinggi dan resiko penuaan dini pun lebih rendah.

14. Hindari Stress
Stress adalah fenomena tersendiri bagi seseorang. Dan menghindari stress adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat yang kita miliki. Hormon kortisol yang muncul ketika Anda stress bisa mempengaruhi informasi yang diterima oleh otak, hal inilah yang menjadi alasan ilmiah mengapa seseorang yang stres secara normal akan sering memiliki pikirang kosong.

15. Bermain Video Game
Penelitian mengatakan bahwa bermain video game bisa melatih pikiran kita serta dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu, konsentrasi, tingkat kewaspadaan, dan kemampuan beralih tugas untuk mengambil alternatif lain bisa dilakukan lebih cepat dari biasanya.


16. Kunyah Permen Karet
Tips meningkatkan daya ingat yang berikutnya adalah dengan rutin menguyah permen karet. Para ahli mengatakan bahwa permen karet membantu mengurangi pembentukan bakteri dan memperkuat otot rahang. Selain itu, permen karet juga bisa membuat Anda lebih waspada danberkonsentrasi. Mengunyah permen karet rasa mint juga bisa mengurasi rasa lelah dan meningkatkan memori. 


17. Istirahat
Istirahat adalah solusi terbaik bagi kita yang sedang kelelahan dan frustasi. Mencoba berkonsentrasi agar menemukan solusi dari masalah, tapi selalu gagal? Itu berarti otak kita membutuhkan istirahat. Fokuslah pada sesuatu yang lain, atau tinggalkan sejenak aktivitas Anda dengan pergi keluar rumah untuk mencari udara segar.


18. Belajar Menyanyi atau Memainkan Alat Musik
Musik memiliki berbagai manfaat yang luar biasa. Belajar bagaimana memainkan alat musik atau bahkan bernyanyi bisa menjadi latihan yang menyenangkan sekaligus menantang otak kita semua. Berikan dorongan yang sangat dibutuhkan otak dan cari tahu minat Anda dalam kegiatan bermusik. 


19. Jangan Bosan
Kebosanan bukan hanya duduk-duduk mengeluh bahwa tidak ada yang harus dilakukan, giatkan diri dengan berbagai hal yang bermanfaat. Mungkin bermain catur di komputer Anda, bermain Kubus Rubikdan hal-hal menyenangkan lainnya. Permainan seperti itu juga mudah untuk memecahkan masalah setelah Anda dapa menguasainya. Mungkin sesuatu yang kreatif seperti mencoret-coret atau lukisan lebihbagus untuk Anda. Alih-alih bersantai di depan TV dan Anda daoat kehilangan poin IQ yang berharga, maka mencobalah untuk melakukan sesuatu yang akan merangsang otak Anda sebagai gantinya

20. Tantanglah Otak Dengan Sesuatu Yang Baru
Mencoba melakukan kegiatan yang baru kita lakukan dapat membuat pikiran Anda lebih inovatif dan kreatif. Kesimpulannya, otak Anda akan terlatih dengan sesuatu yang baru dikenalnya dan tentunya dapat meningkatkan kualitas intelektual otak.


sumber : http://www.akuinginsukses.com/6-cara-meningkatkan-daya-ingat-anda/
http://artistaspb.blogspot.com/2013/12/cara-meningkatkan-daya-ingat.html
http://rohmatullahh.blogspot.com/2013/11/cara-meningkatkan-iq-dan-daya-ingat.html

2 comments:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Huruf timbul merupakan salah satu media periklanan yang paling efektif yang dapat mendeskripsikan citra perusahaan dalam bentuk paling sempurna, huruf timbul akan membuat logo atau usaha suatu perusahaan terlihat elegan. Huruf timbul dapat kita jumpai di toko, perusahaan, dan mall. Huruf timbul dapat diaplikasikan di luar atau di dalam suatu tempat.
    Jenis Bahan Huruf Timbul

    Beberapa material khusus yang biasa di manfaatkan untuk membuat huruf timbul keperluan promosi

    1. Acrylic / Akrilik
    Salah satu material yang paling banyak digunakan menyerupai fiber dengan ketebalan beragam. Bahan acrylic tersedia dengan variasi warna yang beragam mulai dari bening, putih susu, merah, hitam, dan yang lainnya. Acrylic warna memiliki harga yang lebih mahal dari bening dan putih susu dengan semakin tebal bahan acrylic akan semakin mahal harganya.
    2. Galvanil / Galvanis
    Material yang terbuat dari logam campuran besi dan zinc. Bahan galvanil lebih seperti seng kaku dengan daya tahan lebih kuat, warnanya lebih cenderung doff, dengan finishing cat ulang sesuai dengan desain dan warna yang digunakan.
    3. Stainless Steel
    Material yang paling banyak digunakan saat ini karena memiliki 3 macam jenis yaitu stainless steel biasa, stainless steel mirror, dan stainless steel hairline. Stainless biasa dan mirror lebih memiliki permukaan yang mengkilap seperti kaca dengan terlihar lebih mewah, sedangkan stainless hairline memiliki tanda garis tipis di permukan plat.
    4. Kuningan
    Material yang paling mewah dengan harga yang paling mahal di banding dengan bahan lain, karena material kuningan yang memiliki harga yang jauh lebih mahal dan biasanya huruf timbul ini digunakan ditempat tempat ekslusif saja.

    CV. Bahagia Sukses Makmur merupakan perusahaan adversiting yang sudah berpengalaman. Kami melayani jasa pembuatan huruf timbul dan neon box. Dengan konsep serta hasil yang maksimal baik kualitas bahan dasar, hasil finishing ataupun harga yang kompetitif.

    Untuk info pemesanan, dapat hubungi nomor di bawah ini:
    No. Telp / Wa :0811 1252 0809 / 0819 9600 0567
    Alamat Kantor : Jl. Cendana Raya No.15 A Bencongan Indah Karawaci Tangerang

    https://huruftimbultangerang22.blogspot.com/




    #huruftimbultangerang
    #huruftimbuljakarta
    #huruftimbulbandung
    #huruftimbulcikarang
    #huruftimbulbanten
    #huruftimbuljabodetabek
    #huruftimbulbogor
    #huruftimbuldepok
    #huruftimbulbekasi
    #huruftimbulacrylic
    #huruftimbulgalvanil
    #huruftimbulkuningan
    #huruftimbulstainless
    #jasapembuatanhuruftimbul
    #jasapembuatanhuruftimbulacrylic
    #jasapembuatanhuruftimbulstainless
    #jasapembuatanhuruftimbulkuningan
    #jasaprmbuatanhuruftimbulgalvail
    #jualhuruftimbulacrylic
    #jualhuruftimbulgalvanil
    #jualhuruftimbulstainless
    #jualhuruftimbulkuningan
    #jualhuruftimbulmurah

    ReplyDelete