Tuesday, May 13, 2014

Multimedia Application

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
  1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
  2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)
  3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output.  Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
  4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
  5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA
Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi computer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.
Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry Association:
 ¨  Pada tahun 1990:
•       16 MHz 386SX CPU 
•       2MB RAM 
•       30MB hard disk 
•       256-color, 640 x 480 VGA video card 
•       1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1second seek time 
•       Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound 
•       Windows 3.0 with Multimedia Extensions.
 ¨  Pada tahun 1993:
  • 25 MHz 486SX CPU 
  • 4 MB RAM 
  • 160 MB hard disk 
  • 16-bit color, 640×480 VGA video card 
  • 2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek time 
  • Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound 
  • Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1
 ¨  Pada tahun 1996:
•       75 MHz Pentium CPU 
•       8 MB RAM 
•       540 MB hard disk 
•       Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15-bit color 
•       MPEG-1 hardware or software video playback 
•       4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <250ms seek time 
•       Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound 
•       Windows 3.11

MENGAPA MULTIMEDIA?

Multimedia dapat digunakan dalam:
  1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
  2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
  3. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
  1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
  2. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
  3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
  4. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.
Multimedia mampu:
  1. Mengubah mengubah tempat kerja.  Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. 
          Contoh software yang     mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
      2.Mengubah cara belanja.  Homeshopping/teleshopping dapat  dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang dating dengan              sendirinya.
      3.Mengubah cara bisnis.  Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank                          menggunakan cara online-banking.
      4. Mengubah cara memperoleh informasi.  Orang-orang mulai  menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.                Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
      5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
      6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
 1.     Perception Medium
  • Perception media membantu manusia untuk merasakan Lingkungannya
         Aspek pada perception medium :
 i.    Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata
      -     Kertas, layar 
      -     Slide show, power point
 ii.   Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
      -     Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau
      -     Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii.  Aspek Representation Dimension
      -     Ruang (space)
      -     Waktu (time) :
                                                         time independent, discreet (text, grafis)
                                                         time dependent , continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
 2.     Representation Medium
  • Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
      •     “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi.
             Contoh :
-     Text : ASCII dan EBCDIC
-     Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
-     Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16 bit
-     Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
-     Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG)
 3.    Presentation Medium
  • Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
  • “  Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
      Output   : kertas, layar, speaker
      Input       : keyboard, mouse, kamera, microphone
 4.   Storage Medium
      •     Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
      •     “Dimanakah informasi akan disimpan?” 􀃆 microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
 5.   Transmission Medium
  • Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
  • “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” 􀃆 melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
 6.   Information Exchange Medium
      •     Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
      •     “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” 􀃆 direct transmission dengan jaringan komputer, combined                   (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum

A. Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.

Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o       Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
o       Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
o       WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
o       PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
o       Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
o       DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
o       Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
o       XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
o       Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.

Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o       Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o       Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o       Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o       Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
o       TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.

Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
o       ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
o       XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
o       Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
o       Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o       Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..

Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
o       Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o       Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o       Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
o       Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o       GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.

Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
o       Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
o       Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
o       Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.

Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:
o       3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
·            Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co.






No comments:

Post a Comment