- PRINSIP
PERTAMA
Komputer adalah Merupakan suatu alat elektronik yang dapat
menerima input data dan mengolahnya menjadi suatu informasi, dengan menggunakan
suatu program yang tersimpan di memorinya, serta dapat menyimpan program dan
hasil pengolahannya, dimana bekerja secara otomatis.
- Input
Device, adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan
data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan
lain-lain.
- Processor,
adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu
sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu;
- Control
Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua
perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai
output device.
- Arithmetic
Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data
aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
- Read
Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat
diubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM
diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Tapi pada saat sekarang ini ROM
telah mengalami perkembangan dan jenisnya antara lain ;
a. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali.
b. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM.
c. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali.
d. EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. - Random
Access Memori (RAM) adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM
berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu
(power on). Jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam
RAM akan hilang. Tujuan dari RAM adalah mempercepat pemroses data pada
komputer.
- Memoryadalah
media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam,
yaitu;
- Output
Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran,
apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy)
atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor
dan yang lainnya.
Jadi prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukan data
dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai
yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori
komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui
perangkat keluaran.
Sebuah komputer dapat bekerja dengan melibatkan tiga elemen
penting. Dalam penggunaan komputer sehari-hari, ketiga elemen tersebut terdiri
dari:
1. Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik
dari komputer yang dapat dilihat dan dirasakan.
2 . Software (perangkat lunak), merupakan program-program
komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang di
kehendaki. Program tersebut ditulisi dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh
komputer.
3. Brainware (user atau sumberdaya manusia),
personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti
sistem analis, programmer, operator, user, dan lain-lain.
- PRINSIP
KEDUA
PRINSIP KERJA
KOMPUTER
1. prinsip
kerja komputer pada prinsipnya komputer bekerja berdasarkan program/perintah
yang dijalankan oleh pemakai komputer, kemudian dari program perintah tersebut
oleh komputer akan diproses sehingga akhirnya menghasilkan suatu informasi
sebagai hasil dari proses komputer
PRINSIP KERJA
KOMPUTER
2. Prinsip kerja
komputer ada 3 tahap bagian pemasukkan (input device) adalah perintah/progran
yang kita jalankan bagian pengeluaran (output device) adalah hasil proses
komputer bagian pemroses (proses device) adalah yang mengolah data input
PRINSIP KERJA
KOMPUTER
3. skema prinsip kerja
komputer seperti di bawah ini input pemroses output
PRINSIP KERJA
KOMPUTER
4. perangkat
input (input device) yang dimaksud dengan input device adalah semua alat pada
komputer yang digunakan untuk memasukkan data ke bagian pemrosesan komputer
misal : keyboard, mouse, joystik, cd-rom, harddisk, disket, scanner perangkat
proses (input device) yang dimaksud dengan proses device adalah alat pada
komputer yang digunakan untuk memprosessemua data yang diinputkan melalui alat
input yang kemudian hasil pemrosesannya akan ditampilkan ke alat ouput. misal :
cpu (central processing unit) PRINSIP KERJA
KOMPUTER
5. prinsip
kerja cpu storage PRINSIP KERJA
KOMPUTER
6. besaran-besaran
yang berhubungan dengan microprocessor komputer
7. ram
(random acces memory) RINSIP KERJA
KOMPUTER
8. perangkat
output KOMPUTER
Ketika teknologi yang digunakan pada komputer digital telah
berganti secara dramatis sejak komputer pertama kali digunakan pada tahun
1940-an, komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang
diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menjelaskan bahwa komputer memiliko 4
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh
berkas kawat, “bus”
Memori
modul memori RAM
modul memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori
(seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil
informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan
komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu,
dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka
biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan
sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan
angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau
angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih
kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai
macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah
byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali –
memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan
dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara
hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah
berubah secara hebat – dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan
air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks
magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan
transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit)
berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan
laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga
akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan
sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam
komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu
(IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit
(ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan
aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR,
NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua
slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh
komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi
(dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan
kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol
pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali
kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer
bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia
luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau
non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard,
monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web,
printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa
mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang
bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode
data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam
pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti
bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah
sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan
komputer ialah “menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456″,
“menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013″, dan “jika
isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345″.
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk
“menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang
didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam
prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara
langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi”
yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program
komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman
berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat
rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak
yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam
satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU.
Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang
kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer
adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat
I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di
atas di satu hal utama – mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang
bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai
sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda
secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit
penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup
sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah
dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini
berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk
dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program
komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan
berulang kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun
2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak
mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah
kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh
orang pandai, “programmer.” “Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah
untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu
membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain.” Dewasa ini,
kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini
biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan
perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke
program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini
sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal
program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU
di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih
membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini
membagikan
Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode
yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh
beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya
menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan,
kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem
operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui
detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
CARA KERJA KOMPUTER SECARA UMUM
Diposkan oleh Naufalgroups
Secara sederhana cara kerja sebuah komputer adalah sebagai
berikut :
Pada komputer, terdapat 3 komponen utama yang terlibat dalam
proses alur kerja secara umum yaitu Processor, RAM dan HDD. Ketiganya dapat
kita sebut sebagai komponen utama.
Saat kita pertama kali menyalakan sebuah komputer, maka
komponen yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi
mengolah data menjadi sebuah informasi, dan untuk melakukan itu dibutuhkan data
yang umumya disimpan didalam HDD.
Tapi proses diatas memiliki satu masalah yang serius, yaitu
perbedaan teknologi antara Processor dan HDD yang membuat performa keduanya
berbeda jauh. Processor merupakan komponen digital yang bekerja sangat cepat
dalam satuan gigabytes / detik, sedangkan HDD merupakan perangkat mekanis (semi
digital) yang bekerja dalam satuan megabytes / detik. Sebagai perbandingan,
pengolahan internal Processor memiliki Clock Speed mencapai 3 GHz (atau 1/3
miliar per-detik), sedangkan HDD memiliki pengolaham setara dengan 15K (atau 15000
putaran per-menit). Perbedaan performa ini tentu membawa masalah, karena
processor akan terus-menerus membutuhkan pasokan data dari HDD, tapi HDD selalu
terlambat memberikannya.
Untuk itu diciptakan komponen RAM untuk menjembatani masalah
ini. RAM merupakan memory berkecepatan tinggi karena seluruhnya bekerja dengan
proses digital seperti processor. Dengan RAM, maka data-data yang dibutuhkan
processor dengan cepat bisa diberikan karena berjalan dalam arsitektur bus yang
sama dengan Processor (Front Side Bus). Jadi fungsi RAM adalah jembatan data
antara processor dengan HDD.
sumber : http://syaifudinsulung.wordpress.com/2013/01/18/prinsip-kerja-komputer/
No comments:
Post a Comment