Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda
untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik,
animasi, dan video
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
- Kombinasi dari
komputer dan video (Rosch, 1996)
- Kombinasi dari
tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)
- Kombinasi dari
paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa
audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban
dan kawan-kawan, 2002)
- Alat yang
dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan
Linda, 2001)
- Multimedia
dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video,
dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi,
dan berkomunikasi.
DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA
Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai
dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi computer mutlimedia
dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok
kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers
Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association).
Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway,
dan Fujitsu.
Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk
menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.
Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry
Association:
¨ Pada tahun 1990:
• 16 MHz 386SX CPU
• 2MB RAM
• 30MB hard disk
• 256-color, 640 x 480 VGA video
card
• 1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to
read, with < 1second seek time
• Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and
inputting 11 kHz, 8-bit sound
• Windows 3.0 with Multimedia
Extensions.
¨ Pada tahun 1993:
- 25 MHz 486SX
CPU
- 4 MB RAM
- 160 MB hard
disk
- 16-bit color,
640×480 VGA video card
- 2X CD-ROM
drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek
time
- Sound card
outputting 44 kHz, 16-bit sound
- Windows 3.0
with Multimedia Extensions, or Windows 3.1
¨ Pada tahun 1996:
• 75 MHz Pentium CPU
• 8 MB RAM
• 540 MB hard disk
• Video system that can show 352×240 at 30 frames
per second, 15-bit color
• MPEG-1 hardware or software video
playback
• 4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to
read, with <250ms seek time
• Sound card outputting 44 kHz,
16-bit sound
• Windows 3.11
MENGAPA MULTIMEDIA?
Multimedia dapat digunakan dalam:
- Bidang
periklanan yang efektif dan interaktif
- Bidang
pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat
mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara,
video, animasi, teks, dan grafik
- Bidang
jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik,
informatif, dan interaktif
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
- Orang mampu
mengingat 20% dari yang dilihat
- Orang mampu
mengingat 30% dari yang didengar
- Orang mampu
mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
- Orang mampu
mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.
Multimedia mampu:
- Mengubah
mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat
melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Contoh software yang
mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2.Mengubah cara belanja.
Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet,
kemudian barang dating dengan
sendirinya.
3.Mengubah cara bisnis. Nokia membuat
bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online,
bank
menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi.
Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk
mencari informasi.
Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software
kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai
menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing
dengan televisi dan radio.
1. Perception Medium
- Perception
media membantu manusia untuk merasakan Lingkungannya
Aspek pada perception
medium :
i. Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung
dalam presentasi secara nyata
- Kertas, layar
- Slide show, power point
ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung
dalam presentasi
- Self contained
(interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau
- Predefined symbol set
(sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii. Aspek Representation Dimension
- Ruang (space)
- Waktu (time) :
time independent, discreet (text, grafis)
time dependent , continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang
berbeda)
2. Representation Medium
- Representation
media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
• “Bagaimana informasi
pada komputer dikodekan?” Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan
informasi.
Contoh :
- Text : ASCII dan EBCDIC
- Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
- Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan
kuantisasi linier 16 bit
- Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
- Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC),
computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium
- Tool dan
device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
- “
Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke
komputer?”
Output : kertas, layar, speaker
Input :
keyboard, mouse, kamera, microphone
4. Storage Medium
• Pembawa data yang
mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen
komputer)
• “Dimanakah informasi
akan disimpan?” microfilm, floppy
disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
- Pembawa
informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu
(tidak termasuk media penyimpanan)
- “Melalui apa
informasi akan ditransmisikan?” melalui
jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka
(wireless)
6. Information Exchange Medium
• Pembawa informasi
untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
• “Bagaimana informasi dari tempat
yang berbeda saling dipertukarkan?” direct transmission
dengan jaringan komputer, combined
(storage dan transmission media), web yang berisi
informasi, e-book, forum
A. Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat
lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa
media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan
interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar
hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.
Media player
adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam
bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik
informasi audio maupun video. Beberapa
jenis perangkat lunak media player adalah:
o Windows Media Player, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam
paket Microsoft Windows.
o Winamp, bersifat freeware/komersial
dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
o WinDVD, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Intervideo.
o PowerDVD, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Cyberlink.
o Musicmatch Jukebox, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
o DivX Player, bersifat freeware atau
komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
o Real Player, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Real Networks.
o XMMS, audio player bersifat open
source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
o Xine, DVD player yang bersifat open
source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
Video/audio
editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan
memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam
mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan,
konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa
jenis perangkat lunak media player adalah:
o Adobe Premiere Pro, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o Adobe Premiere Elements, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o Windows Movie Maker, bersifat
komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o Pinnacle Studio, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
o TMPGEnc, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Pegasis Inc.
Image viewer
adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara
terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image
yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap),
jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics),
ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas
untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis
perangkat lunak image viewer adalah:
o ACDSee, bersifat komersial dan
diproduksi oleh ACD Systems.
o XNView, bersifat freeware dan
diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
o Irfan View, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Irfan Skiljan.
o Microsoft Picture Manager, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o Microsoft Picture and Fax Viewr,
bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..
Image editor
adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan
memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak
sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang
sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan
oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa
contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
o Adobe Photoshop, merupakan vector dan
bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o Corel Draw, merupakan vector image
editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o Microsoft Paint, merupakan bitmap
image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
o Paint Shop Pro, merupakan vector dan
bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The
GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
Aplikasi
animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan
memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak
atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak
riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
o Macromedia Flash, merupakan perangkat
lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat
komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
o Houdini Animation Software, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
o Power Animator, merupakan generasi
pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi
oleh Alias Systems Corporation.
Aplikasi
grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat,
mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda
dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi.
Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa
contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:
o 3D Studio Max, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
·
Silo 3D Modelling, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co.
No comments:
Post a Comment