Adobe Flash
(dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer
yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk
membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan
dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di
penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan
bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash
5. Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan
pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama
FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan
nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe
Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia
Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash
merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi
standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan
bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang
interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2
dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun
dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya.
Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie,
game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu
interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan
aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi,
fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video
lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini
adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri
untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi
dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML,
dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil
dalam ukuran file outputnya
Movie-movie Flash
memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang
dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar
aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan
perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam
Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya
dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture
baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat
secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi
tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat
aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam
aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan
menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan
pengembangan isi ActionScript secara otomatis.
Multimedia
diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media
atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,
grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat
disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Disini dapat
digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk
menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih
menarik.
“Multimedia
adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara
umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick
1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia.
Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan
didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi.
Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan
informasi yang saling terhubung.
Keempat,
multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan
mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada,
bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer
untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau
tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan
maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai
ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan
multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online
(Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”
Fungsi-Fungsi
Penjelasan Toolbar nya :
- Tool bar adalah bagian yang di gunakan
untuk membuat objek baik berupa gambar, garis, atau text. Bgian Toolbar
akan di bahas lebih lanjut
- Stage adalah bagian yang di gunakan
untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat
- Timeline adalah bagian untuk membuat
animasi di mana berisi frame, layer dan Scane
Objek Pada
Flash
Pada waktu
anda membuat suatu movie flash anda menggunkan objek baik berupa gambar, garis
atau text yang anda tempatkan pada bagian stage
Library
Di gunakan
untuk menyimpan symbol yang di gunakan untuk mpembuatan movie. Symbol ini
merupan objek baik yang menggunakan objek gambar (vector atau bitmap), tombol
,suara dan movie. Penggunaan objek yang berul;ang ulang akan memperbesar ukuran
file Symbol yang di gunakan berulang ulang tidak akan memperbesar ukuran file.
Setiap salinan symbol di pakai pada stage di namakan Instance. Untuk
menampilkan kotak library arahkan mouse pada menu Window > Library atau
tekan Tombol F11 Pada Keyboard
TimeLine
Merupakan
Kompnen Penting dalam pembuatan suatu animasi. Time lline terbagi menjadi tiga
bagian yaitu Scane, Layer dan Frame. Seperti anda membuka sebuah buku maka time
line merupakan daftar yang interaktif. Scane seperti sebuah bab pada buku itu.
Dan frame merupakan seperti sebuah ahalaman. Dan layer merupakan kesatuan dari
halaman suatu frame. Maka animasi merupakan suatu pergerakan mengikuti daftar
isi berisi halaman-halaman terurut dengan tidak memperlihatkan halaman-halaman
di baliknya dengan tangan.
Stage
Stage
merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie. Stage
sering di sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala
Pemikiran tentang pembentukan animasi maupun gembar di buat pada bidang ini.
Anda dapat
merubah ukuran stage ini sesuai kebutuhan
Langkah
mengubah ukuran stage dan latar be;lakang warna stage:
- Arahkan mouse pada menu Modify>
Document atau anda bias gunakan tombol CTRL+J pada keyboard
- Setelah muncul sebuah kotak menu berisi
document properties ubahlah apa yang anda kehendaki baik Width (lebar),
Height (tinggi), Background Color (latar Belakang Warna Stage) ataupun
Frame Rate (kecepatan Frame)
Toolbar
Tolbar dapat
di gunakan untuk memuat Objek baik berupa garis, gammbar berupa lingkaran,
persegi maupun bentuk lain. Dengan penambahan pada kolom option maka akan ada
pilihan
Arrow
Tool
Tool ini
digunakan untuk memilih suatu objek atau untuk memindahkannya.
Subselection
Tool
Tool ini
digunakan untuk merubah suatu objek dengan edit points.
Line
Tool
Tool ini
digunakan untuk membuat suatu garis di stage.
Lasso
Tool
Tool ini
digunakan untuk memilih daerah di objek yang akan diedit.
Pen
Tool
Tool yang
digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu objek dengan
menggunakan
edit points (lebih teliti & akurat).
Text
Tool
Tool ini
digunakan untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
Oval
Tool
Tool yang
digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran.
Rectangle
Tool
Tool yang
digunakan untuk menggambar sebuah segiempat.
Pencil
Tool
Tool ini
digunakan untuk menggambar sebuah objek sesuai dengan yang Anda sukai.
Tetapi
setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuk
sempurna.
Brush
Tool
Tool ini
sering digunakan untuk memberi warna pada objek bebas.
Free
Transform Tool
Tool ini
digunakan untuk memutar (rotate) objek yang Anda buat atau mengubah bentuk
objek
menjadi bentuk lain.
Fill
Transform Tool
Tools ini
digunakan untuk memutar suatu objek yang diimport dari luar lingkungan Flash
MX, serta
untuk mengatur efek warna.
Ink Bottle
Tool
Tool ini
digunakan untuk mengisi warna pada objek yang bordernya telah hilang (tidak
ada).
Paint Bucket
Tool Tool ini
digunakan untuk mengisi warna pada objek yang dipilih.
Eraser
Tool
Tool ini
digunakan untuk menghapus objek yang Anda bentuk.
Timeline terdiri
atas Layer, Frame dan Playhead. Fungsinya adalah sebagai
tempat pengaturan timing atau waktu animasi dan penggabungan objek-objek dari
masing-masing layer lihat gambar berikut :
1. Frame adalah kotak-kotak
berurutan dalam timeline, di frame inilah nantinya akan menentukan animasi apa
yang akan dibuat atau dari frame awal sampai ke frame yang diinginkan untuk
membentuk suatu pergerakan animasi.
2. Keyframe ditkitai dengan titik
hitam pada frame, ini berarti bahwa ada objek pada frame tersebut.
3. Blank Keyframe ditkitai dengan
frame yang putih atau kosong. Ini berarti bahwa tidak ada objek.
4. Action Frame ditkitai dengan
huruf ‘a’ di atas titik hitam, ini berarti bahwa ada action script padxa
frame tersebut.
5. Sound Frame ditkitai dengan
gelombang suara pada frame, ini berarti bahwa ada suara yang dimasukan pada
frame tersebut.
6. Motion tween frame ditkitai
dengan warna unggu dengan panah diantara dua frame.
7. Shape tween frame ditkitai dengan
warna hijau dengan panah diantara dua frame.
8. Playhead ditkitai dengan warna
merah yang terletak di atas frame, ini berfungsi untuk menjalankan animasi yang
bisa langsung dilihat pada stage.
Layer
(lapisan) merupakan hal yang sangat penting di flash. Layer digambarkan seperti
tumpukan lembaran yang transparan. Layer yang paling atas akan menutupi objek
layer yang dibawahnya. Kegunaannya antara lain:
· Untuk
pengaturan kerja, animasi dan elemen lainnya. Jadi, kita bisa memakai layer
yang berbeda antara file suara, objek, action, label frame dan komentar frame.
· Untuk
memudahkan dalam menggambar atau mengedit suatu oobjek tanpa mempengaruhi objek
yang berada di layer lain.
· Agar
bisa menemukan objek dengan cepat dan mudah ketika akan mengedit objek
tersebut.
· Dapat
membuat banyak objek dengan animasi yang berbeda antara yang satu dengan
lainnya.
Beberapa
macam mode layer terlihat pada gambar di bawah ini:
1. Mode Aktif ditandai dengan
gambar pensil, mode ini menunjukkan bahwa layer sedang aktif dan siap untuk
mengerjakan suatu objek pada layer tersebut.
2. Mode Normal adalah mode yang bisa
dilihat dan diedit ketika mode ini menjadi mode aktif.
3. Mode Terkunci ditkitai dengan
gambar gembok kecil yang terkunci. Pada mode ini kita hanya bisa melihat objek
pada layer tanpa bisa mengeditnya.
4. Mode tersembunyi ditkitai dengan
tkita X, pada mode ini kita tidak dapat melihat objek pada layer. Mode ini
diperlukan untuk lebih leluasa mengedit objek pada layer lain.
5. Mode Outline ditkitai dengan
kotak tanpa warna, yang berarti tidak menampilkan objek secara keseluruhan,
hanya garis luarnya saja yang terlihat.
No comments:
Post a Comment